Skip to main content

Cerita Motivasi : Perjuangan Siput



Ada seekor siput yang sedang berjalan menuju sungai untuk mencari air, dia merasa sangat haus seharian berjalan mencari makanan. Di bawah terik mentari yang bersinar terang, siput tetap berjalan menahan rasa dahaga meski dia merasa lelah. “aku tak boleh berhenti, pasti di ujung jalan sana ada sungai yang mengalir” kata siput memberi semangat dirinya sendiri.
Disaat siput tengah berjalan, datanglah seekor rusa yang hendak mencari makan. “hai siput? Sedang apa kau disini?” sapa rusa menghentikan perjalanannya. “hai juga. Aku sedang mencari sungai, aku butuh air” balas siput ramah. Rusa terdiam sejenak “hmm…sungai masih jauh dari sini sedangkan dirimu sudah terlihat lemah. Apa kau yakin masih mampu kesana?” Tanya rusa. “aku yakin mampu meski kondisiku kian lemah” jawab siput optimis. “okelah teman, semoga kau tetap semangat menyusuri jalan ini” kata rusa seraya pergi melanjutkan perjalanannya. Langkahnya sungguh cepat tak perlu waktu yang lama untuk rusa meninggalkan siput seorang diri di pinggir jalan.
Tanpa berkeluh kesah siput terus merangkak pelan mencari sungai. Beberapa detik kemudian datanglah seekor katak menghampirinya. “hai kawan, mau kemana kau?”Tanya katak. Siput kembali menghentikan perjalanannya. “hai juga,aku hendak mencari sungai. Apakah sungai itu masih jauh dari jalan ini?” Tanya siput penasaran. “sungai? Kau mencari sungai?” balas katak keheranan. “kau tak perlu heran, aku juga sama seprti binatang lainnya yang butuh air untuk menyambung hidup” ucap siput. “oh..sungai itu tak jauh dari sini sebentar lagi kau akan menjumpainya kawan. Hmm…apa kau mau aku gendong?” Tanya katak menawarkan bantuan. “tak usah kawan, Tuhan telah menciptakan aku untuk bisa hidup mandiri dengan semua kesempurnaan ini” kata siput.
Katak tertegun mendengar perkataan siput. “baiklah kawan, ku tinggal dulu. Tetap semangat” teriak katak yang melompat dengan cepatnya meninggalkan siput. Siput itupun kembali berjalan dalam lelah, dia yakin pengorbanan dan kerja kerasnya ini akan membuahkan hasil yang indah seperti yang diharapkan. Dia yakin akan menemukan sungai dengan air terlezat dan berlimpah bila dia tak berhenti mencarinya.
Waktu demi waktu berlalu begitu cepatnya, tanpa terasa siput itu hampir sampai ke sungai yang dicarinya. Dan akhirnya siput itu melihat aliran air yang begitu jernih tak jauh dari tempatnya berjalan. “tinggal beberapa langkah lagi aku sampai ke sungai itu dan bisa minum air untuk mengobati rasa dahagaku ini” kata siput girang. Dia mempercepat langkahnya mendekati sungai itu. Sesampainya di tepian sungai, siput merasa senang bisa meminum air yang jernih sepuasnya.
Hikmah yang bisa kita ambil :
Tuhan menciptakan kita dengan sempurna untuk meraih apa yang kita impikan dengan penuh tantangan yang harus kita lewati. Karena tantangan-tantangan itulah yang akan mengantarkan kita secara tidak langsung ke impian yang selama ini kita pendam. Kita sebagai manusia harusnya bisa bermental baja dan tak pernah menyerah pada tantangan yang tak henti-hentinya mengahadang.
Seperti kisah siput yang berjalan sangat pelan dibandingkan binatang lainnya tapi dia tak menyerah untuk terus berjalan mencari sumber air dan mengerahkan semua kekuatan dalam dirinya tanpa menggantungkan diri pada orang lain untuk mencari apa yang dia inginkan hingga akhirnya dia bisa mendapatkan keinginannya itu berlimpah.

Comments

Popular posts from this blog

diary kehidupan cita-cita dan harapan

DIARY KEHIDUPAN CITA-CITA DAN HARAPAN Ini diary hidup dan catatan memilukan tentang perjalanan menuju sebuah cita-cita yang diubah takdir dan keadaan dimana semua bermula dari tidak adanya kesempatan, keterbatasan dan kesalahan memilih. Hidup memang tak pernah semudah membalikkan telapak tangan. Nampaknya peribahasa itu sudah familiar terdengar ditelinga setiap manusia. Itulah kenyataan yang harus ku pikul. Sejauh dan selama ini aku menghabiskan hidupku demi sebuah impian sampai-sampai masa remaja atau biasa disebut pubertas aku tinggalkan. Telah ku gadaikan semua kesenangan masa remaja di bangku sekolah bersama buku-buku dan segala pernak-pernik tugas yang berdeadline. Aku sadar dan tahu benar, pendidikan tak sepenuhnya berpengaruh pada tingkat kesuksesan seseorang karna pengalaman sebagai pembelajaran hidup jauh lebih penting. Banyak orang berkata pendidikan dengan segala ilmu didalamnya terkadang jauh dan tak digunakan didunia sebenarnya, semua bergantung profesi apa ya

Cinta VS Ambisi (Satu) Part 1

Satu Sore yang suram, langit berwarna kelabu pekat, rintik air hujan turun begitu deras tak kunjung membenamkan tekad Vidian. Dia bertahan ditengah rintik hujan, hawa dingin menyerang sekujur tubuh tak lagi terasa. Dia diam terpaku meski basah kuyup di tengah taman kota nan sepi tanpa manusia lain. Sekujur tubuh boleh dingin, menggigil bahkan kulit mulai keriput. Entah berapa lama dia berdiri mematung disana dengan pikiran kacau. Cuaca hari itu sama dengan suasana hati yang hancur berkeping-keping. Dia tak menyangka hari itu menjadi kenangan terakhir kisah cintanya bersama Salsa. Salsa, cinta pertama saat dia duduk di bangku kuliah sebagai mahasiswa semester dua. Satu setengah tahun lamanya mereka menjalin hubungan asmara tanpa kata putus nyambung seperti pasangan lainnya. Namun, semua tinggal kenangan belaka saat Salsa memutuskan hubungan mereka. Percakapan singkat terus terngiang-ngiang di telinganya, mengaburkan segala akal sehat. Kalimat-kalimat yang membuatnya frustasi bera

Soal dan Jawaban Pengantar Ekonomi

1). faktor manakah yang menyebabkan kurva permintaan terhadap suatu barang bergeser ke kiri? a.pendapatan masyarakat bertambah b.negara lebih banyak mengimpor barang tersebut c.harga barang tersebut semakin murah d.penjual menurunkan harga harga barang pengganti 2). apabila harga barang Y meningkat, permintaan terhadap barang X menurun, tetapi permintaan terhadap barang Z meningkat, yang manakah pernyataan berikut yang benar? a.barang X dan Z adalah barang netral b.barang X adalah pengganti dan barang Z adalah penggenap barang Y c.barang X adalah penggenap dan barang Z adalah pengganti barang Y d.barang Y adalah pengganti barang X dan Z 3). Yang Manakah dari berikut menyebabkan kurva penawaran bergeser ke kiri? a.jangka waktu analisis adalah jangka panjang b.perusahaan menghadapi masalah untuk mendapat tambahan tenaga kerja c.pemerintah menaikkan pajak pendapatan perusahaan d.perusahaan menambah investasi untuk menaikkan produksi 4). akibat yang bagaimanakah akan berlaku apabila permi