Faktor pertimbangan pemilihan
lokasi
Pemilihan lokasi
pada dasarnya menentukan suatu tempat atau lokasi yang tepat untuk suatu usaha,
perkantoran dengan tujuan tertentu yang memperhitungkan kelebihan dan
kekurangan lokasi tersebut. Lokasi perusahaan adalah
suatu tempat dimana perusahaan melakukan aktivitasnya. Penentuan lokasi hampir
10% dari biaya total untuk perusahaan industri. Untuk perusahaan jasa,
perusahaan eceran, ataupun perusahaan profesional, lokasi juga meruapak salah
satu elemen penting dalam menentukan pendapatan.
Pemilihan lokasi berarti menghindari sebanyak
mungkin seluruh segi-segi negatif dan mendapatkan lokasi dengan paling banyak
faktor-faktor positif. Tanpa perencanaan lokasi yang tepat, perusahaan dapat
“tergelincir” ke dalam perangkap-perangkap yang merugikan perusahaan tersebut. Memilih lokasi menjadi semakin rumit dengan adanya globalisasi tempat
kerja. Saat ini banyak perusahaan yang mempertimbangkan membuka kantor, pabrik,
toko eceran, atau bank baru di luar negara mereka. Keputusan lokasi sudah
keluar melebihi batas negara. Satu pendekatan untuk memilih sebuah Negara
adalah dengan mengidentifikasi apa yang diyakini oleh organisasi pusat sebagai
faktor penunjang keberhasilan (critical success factor-CSFs) yang
diperlukan untuk mencapai keunggulan bersaing. Setelah perusahaan memutuskan
negara mana yang paling baik untuk lokasinya, selanjutnya perusahaan memusatkan
perhatian pada sebuah daerah dan komunitas dari negara yang dipilih. Langkah
akhir dari proses keputusan lokasi adalah memilih lokasi khusus dalam satu
komunitas yang paling sesuai untuk pengiriman dan penerimaan, batas zona,
layanan umum, ukuran, dan biaya.
Di samping globalisasi, sejumlah faktor lain yang
juga menjadi pertimbangan dalam memilih lokasi antara lain:
- Lingkungan masyarakat
Kesediaan masyarakat suatu daerah menerima segala konsekuensi, baik
konsekuensi positif maupun negatif didirikannya suatu pabrik atau
bangunan di daerah tersebut merupakan suatu syarat penting. Perusahaan perlu memperhatikan nilai-nilai lingkungan dan ekologi dimana
perusahaan akan berlokasi. Di pihak lain, penyediaan berbagai lapangan
pekerjaan dan uang bagi masyarakat dari perusahaan tersebut serta lingkungan
masyarakat yang menyenangkan bagi kehidupan para karyawan dan eksekutif juga
memungkinkan mereka melakukan pekerjaan dengan lebih baik. Satu dari tantangan terbesar keputusan operasi global berkaitan dengan
budaya dimana perusahaan tersebut akan didirikan.
- Kedekatan dengan pasar
Bagi banyak perusahaan, dekat dengan pasar akan membuat perusahaan dapat
memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para pelanggan. Sebagai tambahan
dengan trend menuju produksi yang just-in-time, pemasok menginginkan
lokasi yang dekat dengan pasar untuk mempercepat proses pengiriman dan bisa meminimalisir
biaya distribusi.
- Tenaga kerja
Di manapun lokasi perusahaan, harus mempunyai tenaga kerja, karena itu
cukup tersedianya tenaga kerja merupakan hal yang mendasar. Disamping itu,
penarikan tenaga kerja kuantitas dan jarak, tingkat upah yang berlaku, serta
persaingan antar perusahaan dalam memperebutkan tenaga kerja yang berkualitas
tinggi juga perlu diperhatikan perusahaan. Tetapi yang
benar-benar menarik bagi manajemen adalah kombinasi diantara produktivitas dan
tingkat upah tenaga kerja.
- Kedekatan dengan bahan mentah dan supplier
Perusahaan menempatkan diri dekat dengan bahan mentah dan pemasok
disebabkan oleh (1) barang-barang yang mudah busuk, misalnya buah-buahan dalam
kaleng, roti, susu, sayur-sayuran, makanan laut beku, (2) biaya transportasi,
atau (3) jumlah produk sangat banyak.
- Fasilitas dan biaya transportasi
Tersedianya fasilitas transportasi baik lewat darat, udara, dan air akan
melancarkan pengadaan faktor-faktor produksi dan penyaluran produk perusahaan.
Pentingnya pertimbangan biaya transportasi tergantung “sumbangan” nya terhadap
total biaya.
- Sumber daya-sumber daya (alam) lainnya
Perusahaan-perusahaan seperti pabrik kertas, baja, karet, kulit,
gula, tenun, pemrosesan makanan, aluminium, dan sebagainya sangat memerlukan
air dalam kuantitas yang besar. Selain itu hamper setiap industri memerlukan
baik tenaga yang dibangkitkan dari aliran listrik, diesel, air, angin dan
lain-lain. Oleh karena itu perlu diperhatikan tersedianya sumber daya-sumber
daya (alam) dengan murah dan mencukupi.
Metode-metode keputusan lokasi
1. Metode Pemeringkatan Faktor
Metode ini
merupakan sebuah metode penentuan lokasi yang mementingkan adanya obyektivitas
dalam proses mengenali biaya-biaya yang sulit untuk dievaluasi.
Keenam tahapannya adalah :
§ mengembangkan
daftar-daftar faktor terkait
§ menetapkan
bobot pada setiap faktor
§ mengembangkan suatu skala
untuk setiap faktor
§ meminta manajer menentukan
skor untuk setiap faktor
§ mengalikan faktor tersebut
dengan bobot setiap faktor, dan menentukan jumlah total
§ membuat rekomendasi yang
didasarkan pada skor laba maksimal
2. Analisis titik impas lokasi
Yaitu
sebuah analisis biaya-volume produksi untuk membuat perbandingan ekonois
alternatif lokasi.
Ketiga tahapannya adalah :
§ Tentukan biaya tetap dan
biaya variabel untuk tiap lokasi
§ Plot biaya
untuk setiap lokasi
§ Pilih lokasi yang biaya
totalnya paling rendah
3. Metode Pusat Gravitasi
Metode
pusat gravitasi merupakan teknik matematika dalam menemukan lokasi pusat
distribusi yang akan meminimalisasi biaya distribusi. Dalam menemukan lokasi
yang terbaik untuk menjadi pusat distribusi, metode ini memperhitungkan lokasi
pasar, volume barang yang dikirim ke pasar itu, dan biaya pengangkutan.
4. Model Transportasi
Merupakan
sebuah teknik untuk menyelesaikan masalah sebagai bagian dari pemrograman
linier. Tujuan dari model transportasi ini adalah untuk menentukan pola
pengangkutan yang terbaik dari beberapa titik penawaran ke beberapa titik
permintaan agar dapat meminimalkan produksi total dan biaya transportasi.
5. Analisis biaya
Konsep biaya tetap dan biaya
variabel dapat membantu dalam penentuan lokasi. Kombinasi biaya tetap dan biaya
variabel bagi lokasi yang berbeda-beda dapat menciptakan persamaan biaya yang
menunjukkan hubungan antara biaya danvolume produksi, yang berlaku bagi
masing-masing lokasi.
6. Metoda transportasi
Metoda transportasi adalah suatu
teknik riset operasi (operation research) yang dapat sangat membantu dalam pembuatan
keputusan-keputusan lokasi pabrik atau gudang. Metoda ini terutama digunakan
bila perusahaan yang mempunyai beberapa pabrik dan beberapa gudang bermaksud
menambah kapasitas satu pabriknya atau realokasi pelayanan dari setiap pabrik
serta penambahan pabrik atau gudang baru.
7. Metoda Grid
Metoda ini juga
memusatkanperhatiannya pada pencarian lokasi yang meminimumkan biaya
transportasi antarfasilitas abru dan berbagai fasilitas yang sudah ada,
sumber-sumber suplai, dan pasar-pasar.
Penentuan Lokasi Pabrik (Plant Location)
PENENTUAN LOKASI SUATU PABRIK (PLANT LOCATION)
Lokasi akan
mempengaruhi kedudukan perusahaan dalam persaingan dan menentukan kelangsungan
hidup perusahaan tersebut. Tujuan penentuan lokasi suatu perusahaan/pabrik dengan
tepat ialah untuk dapat membantu perusahaan/pabrik beroperasi atau berproduksi
dengan lancar, efektif dan efisien.
Pilihan-pilihan
lokasi mencakup :
- tidak pindah, tapi memperluas fasilitas yang ada
- mempertahankan lokasi yang sekarang tetapi menambahkan fasilitas lain di lokasi yang berbeda
- menutup fasilitas yang sekarang dan pindah ke lokasi lain
Sering terdapat perbedaan
dalam pemilihan lokasi. Hal ini disebabkan oleh adanya perbedaan kebutuhan
masing-masing perusahaan. Lokasi yang baik adalah persoalan yang individual.
Hal ini sering disebut pendekatan ”situasional” atau ”contingenty” untuk
pembuatan keputusan.
Dengan adanya penentuan lokasi suatu perusahaan/pabrik yang tepat
atau baik akan menentukan:
- kemampuan melayani konsumen dengan memuaskan.
- mendapatkan bahan-bahan mentah yang cukup dan kontinue dengan harga yang layak/memuaskan.
- mendapatkan tenaga buruh yang cukup.
- memungkinkan diadakannya perluasan pabrik di kemudian hari.
Masalah-masalah yang mungkin
timbul di kemudian hari disebabkan:
a) karena berubahnya adat kebiasaan
masyarakat
b) dengan berpindahnya pusat-pusat penduduk
dan perdagangan
c) adanya jaringan komunikasi dan
pengangkutan yang lebih baik.
FAKTOR-FAKTOR YANG
MEMPENGARUHI PENENTUAN LOKASI SUATU PERUSAHAAN/PABRIK
Memilih lokasi menjadi lebih
rumit dengan adanya globalisasi tempat kerja. Globalisasi terjadi karena
perkembangan dari hal-hal berikut :
- ekonomi pasar
- komunikasi internasional yang lebih baik
- perjalanan (udara, laut, darat) dan pengangkutan barang yang lebih cepat serta lebih dapat diandalkan
- semakin mudahnya arus kas antarnegara
- perbedaan biaya tenaga kerja yang tinggi
Beberapa
pertimbangan dan faktor yang mempengaruhi keputusan lokasi :
Keputusan
Negara
|
|
Keputusan
Negara/masyarakat
|
|
Keputusan
lokal
|
|
Tujuan manufacturing
organization adalah:
1. Tujuan Utama (Primary
objective)
2. Tujuan Sekunder (Secondary
Objective), dan
3. Tujuan Tambahan (Collateral
objective).
Tujuan Utama: Tujuan ini meliputi produksi dan distribusi dari nilai-nilai yang
dikonsumsi menurut macam dan kualitas, serta menurut waktu dan tempat yang
dibutuhkan pada tingkat harga yang bersedia dibayar oleh konsumen, dan dengan
biaya yang akan memberika profit yang layak (reasonable) bagi perusahaan.
Tujuan
Sekunder: Yaitu untuk menghasilkan
nilai-nilai yang dibutuhkan organisasi/perusahaan dalam melaksanakan
pekerjaanny guna mencapai tujuan pertama di atas.
Tujuan
Tambahan: Yaitu menghasilkan
nilai-nilai yang diberikan perusahaan kepada individu, kelompok/group dalam
organisasi, selain dari konsumen, misalnya upah buruh, gaji direktur, laba
perusahaan, dan sebagainya.
Faktor-faktor yang
mempengaruhi dalam penentuan lokasi suatu perusahaan/pabrik dibagi dalam 2
bagian, yaitu:
1. faktor-faktor utama/primer
(Primary factors)
2. faktor-faktor sekunder
(Secondary factors)
a. Faktor-faktor Utama
Faktor-faktor yang termasuk
dalam faktor utama yang perlu di perhatikan dalam penentuan lokasi suatu
perusahaan/pabrik adalah:
- Letak dari pasar
Alasan utama perusahaan
mendirikan pabriknya dekat dengan daerah pasaran hasil produksinya agar dapat
cepat melayani konsumen atau barang hasil produksinya maka pelayanan kepada
konsumen akan menjadi lebih cepat.
- Letak dari sumber-sumber bahan mentah
Perusahaan/pabrik yang
berkecenderungan untuk meletakkan pabriknya di daerah yang dekat dengan sumber
bahan mentahnya, didasarkan atas pertimbangan biaya pengangkutan ke pabrik
adalah besar/mahal karena volume dan berat serta jarak bila jarak pabrik adalah
agak jauh.
- Terdapatnya fasilitas pengangkutan
Untuk melaksanakan kegiatan
pengangkutan ada empat jenis fasilitas yang sering digunakan, yaitu :
Kereta api
Truk/angkutan jalan raya
Pengangkutan melalui air, dan
Pengangkutan melalui udara
Sebaiknya pabrik didirikan di
daerah yang mempunyai fasilitas pengangkutan seperti terdapatnya jalan-jalan
kendaraan ke pabrik tersebut, dekat dengan stasiun kereta api ataupun pelabuhan
sehingga pabrik itu mudah dihubungi, bahan2 mudah diangkut ke pabrik serta
barang-barang hasil dapat mudah diangkut ke pasar atau disampaikan kepada para
pemesan.
- Supply dari buruh atau tenaga kerja yang tersedia
Pimpinan perusahaan hendaknya
berusaha mencari tempat untuk lokasi bagi perusahaan/pabriknya di daerah yang
tersedia cukup banyak yenaga kerja dan kualitas serta skillnya tinggi.
Jadi pemilihan suatu daerah
untuk tempat lokasi suatu perusahaan/pabrik ditentukan oleh :
· Adanya skill buruh yang ditentukan, sesuai dengan komposisi yang
dibutuhkan.
· Terdapatnya kualitas yang cukup dari buruh yang diperlukan.
· Besar kecilnya atau tinggi rendahnya tingkat upah di daerah-daerah itu.
- Terdapatnya pembangkit tenaga listrik
- pabrik yang membutuhkan tenaga listrik yang besar akanmemilih lokasinya di daerah yang mempunyai atau di dekat sumber listrik, karena di daerah ini biaya tenaga listrik tidak begitu besar.
b. Faktor-faktor sekunder
faktor-faktor sekunder ini
antara lain adalah :
1. rencana masa depan
2. biaya dari tanah dan gedung
3. kemungkinan perluasan
4. terdapatnya fasilitas service
5. terdapatnya fasilitas pembelanjaan
6. water supply
7. tinggi rendahnya pajak dan undang-undang
perburuhan
8. masyarakat di daerah itu
9. iklim
10. tanah
11.
perumahan yang ada dan fasilitas-fasilitas lainnya
SUBURBAN AREA
Yang dimaksud suburban disini
adalah daerah pinggiran kota besar atau kota-kota kecil yang ada di dekat kota
besar.
Alasan perusahaan memilih daerah
suburban ini sebagai daerah lokasi pabriknya adalah karena
keuntungan-keuntungan berikut ini :
- upah buruh relatif lebih murah
- letaknya relatif dekat dengan pasar daripada daerah-daerah luar kota
- harga tanah relatif lebih murah daripada di kota-kota besar dan tanah yang luas banyaknya tersedia untuk kemungkinan perluasan
- banyak mempunyai hubungan transportasi ke kota-kota besar sebagai pasar untuk barang-barang yang dihasilkannya
- dekat dengan service industries yang umumnya banyak terdapat di kota-kota besar
- tidak perlu membangun atau mendirikan pembangkit tenaga listrik sendiri karena listrik kota besar biasanya dapat dengan mudah mencapai daerah ini.
- pajak-pajak pada umumnya lebih rendah daripada kota-kota besar
- biaya-biaya gedung/bangunan biasanya lebih murah/rendah
- adanya persediaan tenaga kerja yang besar dibandingkan dengan daerah-daerah yang jauh di luar kota
- hanya sedikit waktu dan usaha yang dikeluarkan untuk pergi dan pulng dari pekerjaan
- sedikitnya pembolosan karena kesempatan kerja disini kurang
- adanya labor relation yang lebih akrab
TAHAP-TAHAP YANG DAPAT
DILAKUKAN DALAM MEMILIH LOKASI SUATU PABRIK
Tahap pertama: melihat kemungkinan
daerah-daerah mana yang dapat ditentukan sebagai daerah-daerah alternative.
Tahap kedua: melihat
pengalaman orang lain atau pengalaman kita sendiri dalam menentukan lokasi
pabrik.
Tahap ketiga:
mempertimbangkan dan menilai masyarakat-masyarakat dari daerah-daerah yang pada
tahap kedua telah dipilih untuk lokasi pabrik karena dianggap paling
menguntungkan.
METODE PENILAIAN PLANT SITE
Di dalam pemilihan suatu
plant site tertentu ada beberapa metode analisis, antara lain :
- metode penilaian hasil values
- metode cost comparison
- economic analysis
METODE EVALUASI ALTERNATIF
LOKASI
Metode
Pemeringkatan Faktor
Keenam tahapannya adalah :
- mengembangkan daftar-daftar faktor terkait
- menetapkan bobot pada setiap faktor
- mengembangkan suatu skala untuk setiap faktor
- meminta manajer menentukan skor untuk setiap faktor
- mengalikan faktor tersebut dengan bobot setiap faktor, dan menentukan jumlah total
- membuat rekomendasi yang didasarkan pada skor laba maksimal
Analisis
titik impas lokasi
Ketiga tahapannya adalah :
- Tentukan biaya tetap dan biaya variabel untuk tiap lokasi
- Plot biaya untuk setiap lokasi
- Pilih lokasi yang biaya totalnya paling rendah
Metode
Pusat Gravitasi
Metode pusat gravitasi
merupakan teknik matematika dalam menemukan lokasi pusat distribusi yang akan
meminimalisasi biaya distribusi. Dalam menemukan lokasi yang terbaik untuk
menjadi pusat distribusi, metode ini memperhitungkan lokasi pasar, volume
barang yang dikirim ke pasar itu, dan biaya pengangkutan.
Model
Transportasi
Tujuan dari model transportasi
ini adalah untuk menentukan pola pengangkutan yang terbaik dari beberapa titik
penawaran ke beberapa titik permintaan agar dapat meminimalkan produksi total
dan biaya transportasi.
Analisis biaya
Konsep biaya tetap dan biaya
variabel dapat membantu dalam penentuan lokasi. Kombinasi biaya tetap dan biaya
variabel bagi lokasi yang berbeda-beda dapat menciptakan persamaan biaya yang
menunjukkan hubungan antara biaya danvolume produksi, yang berlaku bagi
masing-masing lokasi.
Metoda transportasi
Metoda transportasi adalah suatu
teknik riset operasi (operation research) yang dapat sangat membantu dalam
pembuatan keputusan-keputusan lokasi pabrik atau gudang. Metoda ini terutama
digunakan bila perusahaan yang mempunyai beberapa pabrik dan beberapa gudang bermaksud
menambah kapasitas satu pabriknya atau realokasi pelayanan dari setiap pabrik
serta penambahan pabrik atau gudang baru.
Metoda Grid
Metoda ini juga
memusatkanperhatiannya pada pencarian lokasi yang meminimumkan biaya
transportasi antarfasilitas abru dan berbagai fasilitas yang sudah ada,
sumber-sumber suplai, dan pasar-pasar.
Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com
ReplyDeleteKelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI
8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66
Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com