Skip to main content

Cerita Motivasi : Kisah Petani



 Suatu hari seorang petani sedang duduk bernaung di bawah pohon beringin di dekat sawahnya. Petani itu duduk denga tatapan sayu seraya memandangi tanaman padinya yang mulai menguning. Petani itupun termenung dan mulai menggerutu.
“bertahun-tahun aku mengolah sawahku dengan baik tanpa mengenal lelah, ku Tanami padi dengan penuh keikhlasan dan kasih sayang. Tapi kenapa bertahun-tahun lamanya kehidupanku tetap seperti ini tidak pernah berubah. Hasil panen tak kunjung membuahkan hasil maksimal padahal aku selalu merawatnya. Sungguh tidak adil dunia ini….” Kata petani tersebut.
Petani itupun terbangun dari lamuananya dan  kembali bekerja merawat padinya. Diusirnya burung-burung pipit yang sedang asyik menikmati biji padi yang hampir menguning dengan orang-orangan sawah yang dia gerak-gerakan. Sayangnya usaha itu tak memberikan hasil yang memuaskan, karena setiap kali dia melakukan hal itu untuk mengusir burung-burung itu, hanya sebagian burung saja yang pergi melarikan diri dan meninggalkan ladangnya sedangkan yang lain masih asyik menyantap lezatnya bijii-biji padi milik petani itu.
Berulang-ulang petani itu menggerak-gerakan orang-orangan sawah untuk mengusir burung-burung pipit yang terus hinggap di antara batang padi miliknya. Semakin lama, petani itupun kelelahan dan merasa kewalahan menghadapi serbuan burung pipit yang kian mengganas. Petani itupun duduk memandangi ladang penuh burung pipit yang sedang berpesta pora.
Petani itupun membuka caping yang dipakai di kepalanya. “kalau seperti ini terus kapan hasil panen saya meningkat? Kelakuan burung pipit itu semakin menggila membuatku lemah tak berdaya karenanya”
Tiba-tiba ada salah seorang kakek lewat dan berhenti tepat dibelakang petani itu. “jangan pernah berharap sesuatu yang besar jika kamu tak pernah mau melakukan perubahan pada dirimu”.
Suara kakek mengejutkan petani yang masih sibuk memandangi kawanan burung pipit, dia membalikan badan seraya berucap “perubahan apa maksud anda? Saya sudah melakukan pekerjaan saya dengan benar”. Petani itu merasa tersinggung dan dihina serorang kakek.
“perubahan pada cara anda merawat sawah anda, apakah anda tidak sadar selama ini anda bekerja dengan cara yang tidak tepat? Ingat untuk mendapatkan sesuatu yang besar perlu usaha yang maksimal. Saya yakin jika anda tetap bekerja dengan cara seperti ini sampai kapanpun hasil panen anda tidak akan berubah lebih banyak tetapi semakin berkurang” kata kakek dengan bijak.
            “lalu usaha apa yang harus saya lakukan?” Tanya petani penuh rasa penasaran.  
            “kamu hanya perlu berinovasi dalam bekerja,contohnya kamu perlu cara baru yang efektif untuk mengusir burung-burung itu supaya biji padimu tetap utuh” ucap kakek. Tak lama kemudian kakek itu pun pergi melanjutkan perjalanannya tanpa berucap pamit ke petani.
            Setelah cukup lama meresapi nasehat kakek, petani itu membalikkan badan hendak mengucapkan terima kasih ke kakek. Sayangnya kakek itu telah menghilang dari hadapan matanya. Petani itu menghela nafas panjang dan berteriak  “saya akan mencobanya”.
Hikmah yang bisa diambil dari kisah diatas adalah :
Untuk mendapatkan sesuatu yang besar diperlukan perubahan yang besar pula. Tak hanya itu, kita juga butuh cara-cara yang berbeda dalam meraihnya karena jika kita menginginkan sesuatu yang besar dengan cara-cara yang sama dan tak pernah melakukan perubahan dalam meraihnya. Maka usaha kita bagaikan menegakkan benang basah, usaha kita hanya sia-sia belaka dan keinginan kita hanya sebatas angin lalu yang tak akan  pernah terwujud.

Comments

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

diary kehidupan cita-cita dan harapan

DIARY KEHIDUPAN CITA-CITA DAN HARAPAN Ini diary hidup dan catatan memilukan tentang perjalanan menuju sebuah cita-cita yang diubah takdir dan keadaan dimana semua bermula dari tidak adanya kesempatan, keterbatasan dan kesalahan memilih. Hidup memang tak pernah semudah membalikkan telapak tangan. Nampaknya peribahasa itu sudah familiar terdengar ditelinga setiap manusia. Itulah kenyataan yang harus ku pikul. Sejauh dan selama ini aku menghabiskan hidupku demi sebuah impian sampai-sampai masa remaja atau biasa disebut pubertas aku tinggalkan. Telah ku gadaikan semua kesenangan masa remaja di bangku sekolah bersama buku-buku dan segala pernak-pernik tugas yang berdeadline. Aku sadar dan tahu benar, pendidikan tak sepenuhnya berpengaruh pada tingkat kesuksesan seseorang karna pengalaman sebagai pembelajaran hidup jauh lebih penting. Banyak orang berkata pendidikan dengan segala ilmu didalamnya terkadang jauh dan tak digunakan didunia sebenarnya, semua bergantung profesi apa ya

Cinta VS Ambisi (Satu) Part 1

Satu Sore yang suram, langit berwarna kelabu pekat, rintik air hujan turun begitu deras tak kunjung membenamkan tekad Vidian. Dia bertahan ditengah rintik hujan, hawa dingin menyerang sekujur tubuh tak lagi terasa. Dia diam terpaku meski basah kuyup di tengah taman kota nan sepi tanpa manusia lain. Sekujur tubuh boleh dingin, menggigil bahkan kulit mulai keriput. Entah berapa lama dia berdiri mematung disana dengan pikiran kacau. Cuaca hari itu sama dengan suasana hati yang hancur berkeping-keping. Dia tak menyangka hari itu menjadi kenangan terakhir kisah cintanya bersama Salsa. Salsa, cinta pertama saat dia duduk di bangku kuliah sebagai mahasiswa semester dua. Satu setengah tahun lamanya mereka menjalin hubungan asmara tanpa kata putus nyambung seperti pasangan lainnya. Namun, semua tinggal kenangan belaka saat Salsa memutuskan hubungan mereka. Percakapan singkat terus terngiang-ngiang di telinganya, mengaburkan segala akal sehat. Kalimat-kalimat yang membuatnya frustasi bera

Soal dan Jawaban Pengantar Ekonomi

1). faktor manakah yang menyebabkan kurva permintaan terhadap suatu barang bergeser ke kiri? a.pendapatan masyarakat bertambah b.negara lebih banyak mengimpor barang tersebut c.harga barang tersebut semakin murah d.penjual menurunkan harga harga barang pengganti 2). apabila harga barang Y meningkat, permintaan terhadap barang X menurun, tetapi permintaan terhadap barang Z meningkat, yang manakah pernyataan berikut yang benar? a.barang X dan Z adalah barang netral b.barang X adalah pengganti dan barang Z adalah penggenap barang Y c.barang X adalah penggenap dan barang Z adalah pengganti barang Y d.barang Y adalah pengganti barang X dan Z 3). Yang Manakah dari berikut menyebabkan kurva penawaran bergeser ke kiri? a.jangka waktu analisis adalah jangka panjang b.perusahaan menghadapi masalah untuk mendapat tambahan tenaga kerja c.pemerintah menaikkan pajak pendapatan perusahaan d.perusahaan menambah investasi untuk menaikkan produksi 4). akibat yang bagaimanakah akan berlaku apabila permi